Rabu, 05 Desember 2012

cara membuat turbin air sederhana..!!

 Bagi teman-teman yg rumahnya sering mati lampu.Ne gw kasi cara membuat turbin yg sederhana..
Alat :
Bambu 25cm diameter 0.5-1 cm sebanyak 4 buah.
Bambu 30-40 cm diameter 0,5-1 cm sebanyak 1 buah
Botol air mineral 1,5 liter 1 buah
Botol air mineral 600 ml 2 buah
Cara Pembuatan:

Tak perlu susah-susah mencari bambu berukuran diameter 0,5, jika anda benar-benar ingin berkreasi manfaatkan bambu bekas pagar atau bekas rambatan tanaman anda, lalu potong-potong hingga hasil yang diinginkan.
Belah botol menjadi 3 bagian.


Lalu lubangi sebanyak 8 buah dengan posisi sama. Artinya jarak antar lubang haruslah sama.

Masukkan bambu ke dalam potongan bitil seperti gambar ini.


Lalu beri potongan botol berbentuk segi empat ke dalam setiap bambu 25 cm.
Selanjutnya atur semua bahan seperti di bawah ini

MEMBUAT KIPAS ANGIN

Latar Belakang :
Membuat kipas angin dari dinamo merupakan alternatif pengolahan limbah bekas. Selain itu dapat mengasah kreatifitas kita!
Alat dan Bahan:
1. Gunting
2. Solder
3. Obeng
4. Dinamo
5. Kabel
6. aqua bekas
7. Batu batre
Cara Membuat:
1. Tempelkan / sambungkan kabel pada dinamo.
2. Gunting akua Gelas dan bentuk seperti kipas angin/baling-baling.
3. Setelah akua bekas tersebut terbentuk kipas angin/baling-baling, tengah-tengahnya lobangi oleh obengdan, setelah itu tempelkan pada dinamo.
4. Dan agar kipas/baling-balingnya berputar kabel tersebut tempelkan pada batu batre.

CARAKE 2.
iapkan botol air mineral 600ml, dinamo, kabel 2 isi, baling-baling(bisa terbuat dari kipas tangan kayu bekas, kardus tebal, atau apa saja yang mempunyai penampang dan mempunyai ketebalan,potong kira-kira 10×20 cm). lakban, dan baterai.
Cara merakit kipas sederhana, pertama buatlah baling-baling dari bekas kardus atau kipas tangan, buatlah 4 buah lalu tempelkan pada tutup botol dengan cara melubangi tutup botol. Lalu pasang di tengah-tengah tutup botol sebuah alat pemutar yang terhubung langsung dengan dinamo, pasang semua lat tersebut di mulut botol, rekatkan dinamo agar tidak copot, hubungkan dinamo dengan kabel pada kutub positif dan negatif biarkan kabel terjuntai kebawah, rekatkan dengan dianmo dan kabel tersebut dengan lakban. Setelah bagian atas selesai, mari kita mengerjakan bagian bawah.
Pasang baterai pada badan botol dan rekatkan dengan lakban, biarkan kutub -kutub baterai terbuka dan jangan dilakban dulu. Lalu hubungkan kabel yang sudah terhubung dengan dimao tadi ke kutub-kutub baterai, untuk yang terhubung dengan kutub positif dinamo pasangakan dengan kutub negatif baterai, dan untuk kutub yang negatif dinamo biarkan saja, ini dipakai jika kipas akan digunakan. Setelah salah satu kabel terhubung, lakban bagian kutub negatif dan biarkan kutub negatif baterai tidak terlakban.
Nah sekarang dekatkan kabel dengan kutub positif baterai , jika anda malakukan percobaan dengan benar maka baling-baling akan berputar.

1 komentar: